Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Kilat Jaya untuk Antisipasi Rampok Minimarket

Kompas.com - 11/01/2012, 14:41 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya melaksanakan Operasi Kilat Jaya 2011 untuk mengantisipasi aksi perampokan minimarket yang belakangan marak terjadi. Operasi ini mengharuskan setiap kepolisian sektor untuk meningkatkan patroli dan kegiatan pengamanan di wilayahnya masing-masing. Demikian disampaikan Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agung Budi Maryoto, Rabu (11/1/2012), di Mapolda Metro Jaya.

"Seluruh Polsek dan Polres melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan melalui Operasi Kilat Jaya untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi belakangan," ujarnya. Sasaran dari operasi itu, lanjut Agung, adalah aksi kejahatan jalanan seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

"Terkait minimarket itu juga menjadi perhatian meski tidak spesifik operasi ini diarahkan ke sana. Tapi, perampokan minimarket juga salah satu cakupannya," kata Agung.

Ia menjelaskan dalam operasi kali ini, seluruh kekuatan personil di Polsek dan Polres akan dilibatkan mulai dari lalu lintas hingga intel. Terkait jumlah yang diturunkan, dikatakan Agung, itu menjadi wewenang Kapolres dalam mengerahkan kekuatannya. "Jadi setiap malam dengan operasi ini, Polsek dan Polres akan melakukan kegiatan (pengamanan wilayah)," tutur Agung. Bentuk peningkatan kegiatan pengamanan yang dilakukan yakni seperti patroli di wilayah rawan kejahatan.

Terakhir kali perampokan minimarket menimpa Alfamart Jombang Raya, di Jalan Jombang Raya, Kampung Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Selasa (10/1/2012) dinihari. Kawanan rampok menggasak uang belasan juta rupiah berikut barang dagangan seperti rokok dan susu bubuk.

Aksi serupa juga terjadi di sejumlah minimarket seperti di wilayah Ciputat, Jakarta Selatan; Menteng dan Kebon Sirih, Jakarta Pusat; Ciawi dan Gunung Putri, Bogor; Pamerah, Jakarta Barat; Pulo Gadung, Jakarta Timur; Bekasi dan Depok.

Minimarket yang menjadi sasaran adalah minimarket yang buka 24 jam seperti Alfamart, Indomaret, dan Circle K. Para pelaku biasanya berkelompok dan tiba-tiba masuk ke dalam toko dengan membawa senjata api atau pun senjata tajam lalu mengancam penjaga toko yang sedang bekerja. Oleh pelaku, penjaga toko ini biasanya diikat tangan dan kakinya dengan sumbu kompor atau tali sepatu lalu disekap di ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com