Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebak Masih Terendam

Kompas.com - 15/01/2012, 10:18 WIB
M.Latief

Penulis

LEBAK, KOMPAS.com - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (14/1/2012) hingga Minggu (15/1/2012) belum juga surut. Hujan masih turun di wilayah tersebut.

Warga korban banjur juga masih tinggal di tempat-tempat penampungan. Sejumlah sungai di Rangkasbitung terlihat meluap dan dipastikan debit air sungai naik ke pemukiman penduduk karena curah hujan di kawasan hulu sungai cukup tinggi, yaitu luapan Sungai Ciujung, Ciberang, Cisimeut dan Ciujung yang melintasi Kota Rangkasbitung.

"Kami belum bisa pulang ke rumah karena masih tergenang air banjir setinggi dua meter," kata Endang, warga Kalimati Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Minggu.

Endang mengaku, dia dan keluarganya sampai hari ini tetap bertahan di penampungan yang disediakan pemerintah daerah di Gedung Juang. Apalagi, hujan hingga kini masih turun dengan kapasitas sedang. Selama ini, kata dia, curah hujan cukup tinggi dan tak henti-henti sejak pagi hingga malam sehingga sejumlah sungai di Rangkasbitung meluap.

"Kami berharap banjir tidak berlangsung lama, terlebih tinggal di pengungsian dan berpotensi terserang penyakit," ujarnya.

Ani, warga Lebaksaninten, Kecamatan Rangkasbitung, mengaku rumahnya juga tergenang banjir setinggi dua meter karena lokasi hanya beberapa meter dari Sungai Ciberang.

"Kami tinggal di pengungsian hanya pakaian di badan saja, karena barang-barang perabotan rumah tangga tidak bisa diselamatkan dan terendam banjir," ujar Ani di penampungan warga di Gedung Juang.

Menurut dia, banjir pada awal 2012 yang menimpa warga Rangkasbitung ini cukup besar dibandingkan banjir 2011 lalu. Tahun ini, kata dia, ketinggian air mencapai dua meter sehingga warga yang tinggal di daerah aliran sungai terpaksa harus mengungsi ke tempat lebih aman.

"Kami berani pulang ke rumah jika banjir sudah surut karena khawatir terjadi banjir susulan," katanya.

Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, banjir melanda sembilan kecamatan adalah Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Kalanganyar, Cileles, Cimarga, Leuwidamar, Wanasalam, Banjarsasri, dan Cijaku.

"Dari sembilan kecamatan itu diperkirakan antara 3.000 sampai 4.000 rumah terendam banjir," kata Kepala BPBD Muklis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com