Duh... Banjir Lumpuhkan Tol Tangerang!

Kompas.com - 15/01/2012, 11:52 WIB
Penulis M.Latief
|
EditorLatief

SERANG, KOMPAS.com — Jalan tol Tangerang-Merak lumpuh total akibat meluapnya Sungai Ciujung di Km 58-59 yang menyebabkan bajir melintasi jalan tol. Aktivitas jalan tol terganggu total karena kendaraan dari arah Jakarta ke Merak dan sebaliknya.

"Sejak pukul 06.00 WIB tidak bisa melintas," kata staf Humas PT Marga Mandala Sakti (PT MMS), Hari Wirakusumah, Minggu (15/1/2012) di Serang.

Ia mengatakan, banjir akibat meluapnya air Sungai Ciujung terjadi sejak Sabtu (14/1/2012) sore. Hingga Minggu siang ini, ketinggian air sekitar 1,2 meter. Banjir tersebut memotong arus kendaraan dan mengakibatkan ratusan warga sekitar sungai mengungsi di jalan tol.

"Satu lajur tol kami gunakan untuk menampung warga karena permukiman mereka kebanjiran. Kendaraan dari Jakarta keluar gerbang Balaraja dan dari arah Merak harus balik arah atau keluar Serang," tutur Hari.

Pihaknya belum memperhitungkan nilai kerugian akibat bajir tersebut. Ia menyebutkan, banjir yang terjadi akibat luapan Sungai Ciujung tersebut hampir sama dengan yang terjadi pada 2001 lalu.

"Kami sudah meminta bantuan Pemprov Banten untuk penanganan warga yang ada di sekitar tol," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kepala BPBD) Banten Suyadi Wiraatmaja mengatakan, pihaknya sudah berupaya melakukan evakuasi terhadap ratusan warga korban banjir. Selain itu, berbagai bantuan juga sudah diberikan, seperti kebutuhan pokok dan obat-obatan.

"Ratusan warga sementara ini ditampung di jalan tol karena permukiman mereka terendam," ucap Suyadi. Ratusan warga yang mengungsi di jalan tol tersebut sebagian besar warga Kampung Undar-andir, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.