Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penumpang di Atap Kereta, Bola-bola Beton Dipasang

Kompas.com - 17/01/2012, 10:32 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) terus berupaya melakukan penertiban penumpang yang kerap menjadikan atap kereta sebagai tempat duduk. PT KAI Daerah Operasi I Jabodetabek, Selasa ini, akan memasang penghalang baru bagi penumpang atap yang disebut "Goal Bola-bola" di antara Bekasi dan Tambun.

"Jam 09.00 pagi ini kami mulai memindahkan peralatan dari tempat pembuatan di Cipinang Muara. Rencananya jam 11.15 sudah dipasang," kata Akhmad Suyadi, Manajer Penertiban PT KAI Daops 1 kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Goal Bola-bola adalah bola-bola beton yang digantung menggunakan rantai di bagian atas rel kereta, sesuai dengan ketinggian kereta. Rangkaian bola-bola tersebut akan membentuk jaring penghalang yang dapat menghantam penumpang bila tetap nekat memilih atap kereta sebagai tempat duduk.

Goal Bola-bola merupakan pilihan baru setelah berbagai upaya penertiban yang dilakukan PT KAI belum membuahkan hasil maksimal. Sepekan sebelumnya, dengan bantuan aparat keamanan, PT KAI melakukan razia penumpang atap di sejumlah stasiun. Namun, upaya ini belum membuahkan hasil maksimal.

"Di jalur Bogor-Jakarta tidak dapat dilakukan karena ada jaringan listrik aliran atas," lanjut Suyadi.

Ia menegaskan, hal ini bertujuan memberi jaminan keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang sendiri. Pihaknya tidak ingin mengakibatkan adanya korban dari Goal Bola-bola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com