Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanda Hamidah Siap Bersaing di Pilgub DKI

Kompas.com - 18/01/2012, 00:46 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Wanda Hamidah, menyatakan kesiapannya untuk ikut bersaing dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI yang akan dilangsungkan tahun ini. Dengan didukung tim Jakarta Bergerak, wakil rakyat yang juga artis ini mengaku siap dicalonkan baik sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur.

"Saya siap. Saat ini saya terus mempersiapkan diri untuk mencapai kualitas-kualitas yang dibutuhkan untuk memimpin Jakarta," tutur Wanda melalui hubungan telepon di Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Meski demikian, wanita kelahiran Jakarta, 21 September 1977, ini mengakui belum ada pernyataan dukungan resmi partainya terkait pencalonan dirinya. Demikian pula mengenai kemungkinan berkoalisi dengan partai lain.

"Itu kewenangan orang DPP (PAN). Saya tidak berhak mencampurinya," katanya.

Meski demikian, Wanda mengaku tidak terlalu merisaukan posisi pencalonan dirinya. Istri dari Cyril Raoul Hakim, Ketua DPP PAN, ini beranggapan, hingga kini belum ada satu pun calon atau pasangan calon yang sudah memastikan diri maju ke arena Pilkada 2012. Mantan aktivis 1998 ini juga tidak mempermasalahkan apakah dirinya akan diposisikan sebagai calon gubernur atau wakil gubernur.

"Yang penting ada kepercayaan satu sama lain untuk berbagi peran dan bisa bekerja sama," kata Wanda menjelaskan kualitas pasangan calon gubernur atau wakil gubernur yang diharapkan.

Penyandang gelar magister kenotariatan dari Fakultas Hukum UI ini bersama tim Jakarta Bergerak saat ini aktif mengadvokasi warga-warga DKI yang terpinggirkan. Salah satu yang menjadi perhatian Wanda adalah warga korban banjir Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Selain memberikan berbagai macam bantuan, dia ikut menyertai warga saat mengadukan masalah mereka ke Komnas HAM ataupun mendatangi Balaikota DKI.

Kepada warga korban banjir, anggota Komisi E DPRD DKI ini pernah mengungkapkan visi dan misinya. "Saya akan coba meringkas visi misi saya secara singkat, dalam satu kalimat: mengutamakan kepentingan masyarakat," ujar Wanda pada saat berdialog dengan warga Kampung Pulo, Kamis, 9 Desember 2011, lalu.

Sebagai gantinya, spanduk Wanda dipasang di salah satu gang utama menuju lokasi banjir. Spanduk bertuliskan "Wanda 2011, Jakarta Manusiawi" itu, menurut warga, telah dipasang sejak sepekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com