Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Pulo Akan Dijadikan Waduk

Kompas.com - 18/01/2012, 21:33 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menjadikan kawasan Kampung Pulo, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, sebagai waduk.

Rencana ini dibuat karena wilayah tersebut sering dilanda banjir. Normalisasi Kali Krukut yang dilakukan di kawasan tersebut belum cukup untuk membuatnya bebas banjir.

”Tahun ini ada anggaran Rp 10 miliar untuk merealisasikan rencana itu,” tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta Ery Basworo, Rabu (18/1/2012), di Jakarta.

Kawasan Kampung Pulo, menurut Ery, berada di dataran rendah. Kali Krukut yang melintas di area itu idealnya memiliki lebar sungai 20 meter. Namun, yang ada rata-rata 5 meter saja. Karena itu, kawasan tersebut sering terkena banjir.

Sejak awal Januari  hingga hari ini, Kampung Pulo dilanda banjir. Menurut warga, banjir sering melanda sejak Maret 2011 setelah terjadi penyempitan Kali Krukut.

Genangan terdalam hari ini mencapai sekitar lutut orang dewasa atau sekitar 30 sentimeter di RT 11 RW 03, Kelurahan Pondok Labu. Lebih dari 150 rumah terendam banjir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com