Feeder Busway Diperpanjang

Kompas.com - 19/01/2012, 13:06 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feeder busway yang diresmikan pertengahan tahun lalu dinilai belum efektif. Selama beroperasi, setiap hari baru 500 orang penumpang yang diangkut. Sementara target penumpang untuk tiga rute feeder yang ada sebanyak 5.250 orang per hari.

"Setelah kami evaluasi, pemecahannya adalah memperpanjang rute," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, Kamis (19/1/2012) di Jakarta.

Perpanjangan rute dilakukan dengan menarik bus feeder hingga halte yang lebih jauh lagi.

"Halte yang di Balaikota akan ditarik hingga Stasiun Gambir-Tugu Tani-Kebon Sirih. Lalu yang di Tanah Abang akan ditarik hingga Pasar Tanah Abang dan Stasiun Tanah Abang," kata Pristono.

Sementara itu bus feeder yang menuju ke Tanah Abang, akan diteruskan hingga Pasar Tanah Abang dan Stasiun.

Menurut Pristono, konsep bus feeder Transjakarta sudah bagus. Untuk itu, pihaknya akan terus mengembangkan konsep tersebut.

Hingga saat ini, bus feeder Transjakarta hanya melayani rata-rata 500 penumpang per hari dengan 15 armada yang ada.

Dishub DKI Jakarta telah meluncurkan tiga rute feeder bus Transjakarya, yaitu Rute 1 mencakup Sentra Primer Barat-Daan Mogot, Rute 2 meliputi Tanah Abang-Balaikota dan Rute 3 terdiri SCBD-Senayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.