Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debit Sungai Ciujung Menurun

Kompas.com - 20/01/2012, 03:32 WIB

Serang, Kompas - Debit Sungai Ciujung yang terpantau di Bendungan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, belakangan cenderung turun setelah mencapai puncaknya pada banjir besar Sabtu hingga Minggu lalu. Meski demikian, petugas pemantau di pos-pos duga air sepanjang Sungai Ciujung tetap waspada karena hujan masih berpeluang terjadi.

Pelaksana operasional Bendungan Pamarayan, Nendi Zulpandi, mengatakan, Kamis (19/1), debit Sungai Ciujung terpantau stabil pada angka 114 meter kubik per detik.

Kondisi ini jauh berbeda dengan saat banjir besar Sungai Ciujung pada Sabtu dan Minggu lalu. Saat itu, debit Bendungan Pamarayan terpantau mencapai 2.600 meter kubik per detik.

Menurut penuturan Nendi, debit di bawah 750 meter kubik per detik masuk kategori normal. Sebagai perbandingan, daya tampung Bendung Pamarayan 2.000 meter kubik per detik.

”Petugas di pos duga air bagian hulu Ciujung terus menginformasikan perkembangan debit. Berdasarkan informasi itulah, kami menyiapkan pembukaan pintu-pintu air apabila debit sungai meninggi,” kata Nendi.

Debit Sungai Ciujung yang melalui Bendungan Pamarayan sangat dipengaruhi tingginya curah hujan kawasan hulu di Lebak, seperti Bojongmanik dan Cileles. Selain itu, petugas juga memantau ketinggian muka air di Sungai Ciberang, Cilaki, dan Ciseumeut yang juga masuk ke Sungai Ciujung sebelum bermuara di Sungai Ciberang.

Pengamat Stasiun Meteorologi Serang, Riyadi, menyatakan, cuaca pada Jumat ini di Serang dan sekitarnya (dalam radius 150 kilometer) diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan pada malam hari. Adapun besok, hujan ringan berpeluang terjadi dari pagi hingga malam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Banten Hudaya menuturkan, 32 sekolah terendam banjir akhir pekan lalu. Sekolah yang terendam itu tersebar di Kabupaten Lebak, Pandeglang, dan Serang.

Sekolah yang terendam banjir di Kabupaten Lebak antara lain SMP 5 Panggarangan, SMP 6 Cihara, SMP 1 Rangkasbitung, dan SMP 2 Sobang.

Di Kabupaten Serang, sekolah yang terendam banjir di antaranya SD Katulisan 1 dan 2, SD Undar-Andir 1 dan 2, serta SD Songong 1 dan 2.

(CAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com