Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selundupkan Sabu 50 Kilogram, Tiga WNA Tewas

Kompas.com - 21/01/2012, 04:24 WIB

Jakarta, Kompas - Direktorat IV Narkoba Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia menggagalkan penyelundupan sekitar 50 kilogram narkotika jenis sabu oleh warga negara asing di Ujung Genteng, Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Pelaku mengalihkan sabu itu dari kapal pengangkut ke kapal yang lebih kecil di wilayah perairan.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution menjelaskan hal itu di Jakarta, Jumat (20/1). ”Jumat pukul 01.35, aparat menembak tiga tersangka hingga tewas,” ujarnya.

Satu tersangka lagi diamankan dan tertembak di bagian kaki. ”Empat tersangka diketahui warga negara Iran. Mereka sindikat narkotika internasional dari Belanda dan Iran,” katanya.

Penyergapan dilakukan di daerah Ujung Genteng. Barang bukti yang ditemukan adalah sekitar 50 kilogram sabu, tiga pistol, sekoci, dan peralatan navigasi kompas. Modus yang dilakukan tersangka adalah melakukan alih muat sabu dari kapal ke kapal. Semula sabu dibawa dengan kapal kargo. Setelah sampai di titik tertentu di perairan, sabu dialihkan ke sekoci.

Tersangka, ujar Saud, membawa sabu ke pantai dengan sekoci. Keempat tersangka disergap ketika memasuki wilayah pantai.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar menambahkan, dalam penyergapan terjadi tembak-menembak. Ujung Genteng adalah daerah terpencil, sekitar 80 kilometer dari Palabuhanratu.

Saud mengakui, penyergapan itu tak lepas dari pengintaian terhadap jaringan pelaku. Pada 16 Januari lalu, polisi pernah menyergap sindikat itu. Waktu itu, di tempat yang sama, tiga tersangka membawa sabu dari perairan. Tersangka terdiri dari dua warga negara Somalia dan seorang warga negara Iran. Dua warga Somalia tewas karena sekoci pecah terkena ombak. Satu warga Iran diamankan. Lima warga Iran lain sebagai penjemput sabu juga ditangkap.

Secara terpisah, Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Sutarman mengatakan, sabu yang diselundupkan itu sekitar 100 kilogram dan berbentuk kristal. Ada pula sabu berbentuk cairan yang disimpan dalam lima tong plastik.

Direktur IV Narkoba Polri Brigadir Jenderal (Pol) Arman Depari menambahkan, sebagian barang bukti dititipkan ke Polsek Ciracap. (HEI/FER/WIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com