Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Sepeda Akan Dibuat Di Empat Wilayah Jakarta

Kompas.com - 22/01/2012, 12:46 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diresmikan jalur khusus sepeda di Jakarta Selatan tahun lalu, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, berencana untuk membuat jalur khusus sepeda di empat wilayah Jakarta lainnya. Hal tersebut dilakukan mengingat pengguna sepeda di Jakarta semakin banyak.

"Saya minta walikota di empat wilayah untuk membuat proposal jalur khusus sepeda di wilayahnya masing-masing. Nanti akan saya pelajari dan kaji kelaikannya," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Jakarta, Minggu (22/1/2012).

Saat ini, warga Jakarta yang bersepeda sudah mencapai jutaan orang. Bahkan sepeda bukan saja menjadi pilihan olahraga tapi sudah menjadi gaya hidup baru dan kebutuhan bagi warga Jakarta. Sehingga jalur khusus sepeda di empat wilayah Jakarta ini memang harus segera diwujudkan.

"Sudah saatnya Jakarta mengikuti kebutuhan warganya. Sudah saatnya juga dibangun jalur khusus sepeda di empat wilayah lainnya. Sehingga keamanan pesepeda semakin terjaga," jelas Foke.

Selain itu, keberadaan jalur khusus sepeda di lima wilayah ini dapat menarik minat para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal untuk berkeliling Jakarta dengan menggunakan sepeda.

Saat ini, Jakarta hanya memiliki satu jalur khusus sepeda di Jakarta Selatan yang dimulai dari Taman Ayodya hingga Melawai sepanjang 1,5 kilometer. Namun sayangnya, jalur khusus ini kerap menjadi tempat mangkal bajaj sehingga pengguna sepeda justru tidak bisa melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com