Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Imlek, Damkar dan Satpol PP Bersihkan Petak 9

Kompas.com - 22/01/2012, 19:07 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut perayaan Tahun Baru China atau Imlek, petugas Pemadam Kebakaran Taman Sari dibantu aparat Satuan Polisi Pamong Praja membersihkan Jalan Petak 9, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Jalan tersebut merupakan jalur utama menuju kompleks Wihara Dharma Bhakti yang menjadi salah satu pusat perayaan Tahun Baru China di Jakarta.

"Gubernur (DKI Jakarta Fauzi Bowo) rencananya besok ke sini. (Bersih-bersih ini) bukan karena Gubernur mau ke sini. Tapi tadi gotnya meluap, jalan jadi becek," kata Anto, salah seorang aparat Satpol PP, yang ditemui di lokasi, Minggu (22/1/2012).

Satu unit kendaraan operasional Damkar tampak berada di gang sempit Petak 9, di antara pengunjung yang sejak siang tadi hilir mudik dari dan ke arah kelenteng. Sementara itu, petugas Damkar bergantian menyemprotkan air dari dua selang air ke sepanjang badan jalan.

Pembersihan yang mulai dilakukan sekitar pukul 17.45 WIB itu dilakukan sebelum pengunjung semakin membludak hingga menjelang tengah malam atau pergantian tahun malam nanti. Sejumlah petugas Satpol PP sebelumnya berupaya menutup saluran air yang sempat meluap dengan menumpukkan karung-karung pasir di sekitarnya.

Sementara itu, kondisi jalan di sekitar kelenteng sudah dipenuhi ratusan pengunjung. Selain warga yang akan merayakan Imlek, kompleks tersebut juga dipadati oleh kaum dhuafa yang menanti angpau dan sedekah lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com