Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Xenia "Maut" Akui Melaju 100 Km/Jam

Kompas.com - 23/01/2012, 11:50 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengemudi mobil Daihatsu Xenia B 2479 WI, Afriani Susanti (29), mengakui bahwa dirinya mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi. Ia mengaku memacu mobilnya dengan kecepatan 100 km/jam. Demikian disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Senin (23/1/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Rikwanto mengatakan, pemeriksaan terus berlanjut dan keterangan pelaku sering kali berubah. Sebelumnya, Afriani mengaku memacu kendaraannya 40 km/jam, tetapi keterangan terus berkembang. "Dia akhirnya bilang saat itu kecepatan 100 km/jam saat pergi ke ulang tahun," kata Rikwanto.

Saat mendekati tempat terjadinya kecelakaan, Afriani sempat kehilangan konsentrasi seperti tertegun. "Dia lalu oleng ke kiri saat masih di jalur tengah dan akhirnya menyapu pejalan kaki sampai dia tabrak halte itu," ucap Rikwanto.

Rikwanto mengatakan, pengemudi sempat kehilangan kesadaran beberapa detik sehingga kehilangan kendali setir. Hal ini diduga karena pengemudi masih dalam pengaruh narkoba dan minuman keras.

"Jelas dia tadi malam sudah habis-habisan menengguk miras, ke tempat hiburan pakai ekstasi di situ, lalu menghadiri lagi tempat temannya. Mereka belum tidur dan saat kejadian ketiga temannya tertidur," tuturnya.

Dari hasil pemeriksaan urine Ditnarkoba Polda Metro Jaya, hasil tes para pengemudi dan penumpang mobil Xenia dinyatakan positif mengandung metamphetamine. Keempatnya juga ternyata habis menenggak minuman keras di sebuah kafe di Kemang, Jakarta Selatan.

Diberitakan sebelumnya, tabrakan maut terjadi di Jalan MI Ridwan, dekat Tugu Tani, Jakarta Pusat, pukul 11.00 WIB. Sebuah mobil Daihatsu Xenia B 2479 XI menabrak sejumlah pejalan kaki yang sebagian besar baru saja selesai berolahraga di Monumen Nasional (Monas).

Mobil Xenia yang dikendarai Afriani Susanti (29) saat itu melaju kencang dan sempat oleng sampai akhirnya menghantam para pejalan kaki di trotoar dan halte. Mobil baru behenti setelah meringsek masuk ke halaman Kantor Kementerian Perdagangan. Akibat peristiwa ini, sembilan orang tewas di tempat dan tiga orang luka-luka. Korban tewas dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, sementara korban luka-luka dilarikan ke RSPAD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com