Ketua DPR: Hukum Berat Afriyani!

Kompas.com - 24/01/2012, 11:31 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPR Marzuki Alie mengusulkan agar pihak kepolisian rutin melakukan razia terhadap pengemudi kendaraan bermotor. Marzuki sendiri juga mendukung razia breath test yang diusulkan mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji. Hal itu disampaikan Marzuki menanggapi peristiwa tragis kecelakaan "Xenia Maut" yang menewaskan sembilan orang di Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/1/2012).

"Di luar negeri saya lihat razia alkohol kerap dilakukan jajaran kepolisian. Para pengemudi diminta untuk melakukan tes alkohol di tempat dengan meniup satu alat yang bisa menentukan langsung kadar alkohol dalam darah," kata Marzuki kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/1/2012).

Razia rutin itu, kata Marzuki, patut ditiru. Bila pengemudi kedapatan berada dalam pengaruh alkohol, maka polisi harus menindak tegas dengan memberi sanksi di tempat razia.

"Jika terbukti seorang pengemudi mengonsumsi alkohol yang melewati batas yang telah ditetapkan yang bisa membuat kesadaran pengemudi hilang, maka otomatis ada sanksi langsung di tempat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Marzuki juga meminta polisi menindak tegas pengemudi Xenia, Afriyani Susanti (29), yang sudah ditetapkan menjadi tersangka.

"Ini tidak bisa dibiarkan dan pelakunya harus dihukum berat agar kejadian-kejadian seperti ini tidak terulang. Agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak berdosa menjadi korban dari perilaku tidak bertanggung jawab orang-orang pengguna narkoba dan alkohol," katanya.

Kepada para pengelola hiburan malam, politikus Partai Demokrat ini meminta pengelola membatasi penjualan minuman beralkohol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya minta para pemilik tempat hiburan itu untuk menempatkan orang-orangnya di area parkir kendaraan. Jika melihat tamu yang mau pulang dalam kondisi mabuk dan ingin mengendarai mobil, maka bisa dilakukan tindakan," kata Marzuki Ali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.