Polisi Telusuri Ketergantungan Obat Pengemudi "Xenia Maut"

Kompas.com - 24/01/2012, 18:00 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Afriyani Susanti (29), pengemudi Daihatsu Xenia B 2479 XI yang terlibat kecelakaan maut di Jalan MI Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat, diketahui mengonsumsi pil ekstasi semalam sebelum kecelakaan terjadi pada Minggu (22/1/2012). Ia mengonsumsi pil itu bersama-sama dengan tiga temannya, yaitu Adistina Putri Grani (26), Deny Mulyana (30), dan Arisandi (34) di klub malam Stadium, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.

Saat diperiksa penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, keempatnya mengaku baru pertama kali mengonsumsi ekstasi. Namun, polisi tidak semudah itu percaya. "Masalah ketergantungan, menurut pengakuan mereka, baru memakai. Tapi kami kan tidak percaya begitu saja," ungkap Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Nugroho Aji Wijayanto, Selasa (24/1/2012) di Mapolda Metro Jaya.

Ia melanjutkan, polisi juga akan menelusuri apakah keempatnya pencandu atau bukan. Rencananya, keempat kawan ini akan dibawa ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO). "Untuk mengetahui apakah orang ini ketergantungan apa tidak, tentunya akan kami bawa ke RSKO. Kami pun sudah melakukan gelar perkara dengan jaksa penuntut umum," kata Nugroho.

Afriyani, Adistina Putri Grani, Deny Mulyana, dan Arisandi sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkotika. Hasil tes urine mereka positif mengandung unsur metamphetamine.

Berdasarkan pengakuan Afriyani, mereka mengonsumsi dua pil ekstasi yang didapat di Stadium. Pil itu mereka konsumsi bersama. Di sana, mereka juga menenggak minuman keras hingga mabuk berat. Setelah itu, mereka bertolak menuju Kemang melalui Jalan MI Ridwan Rais.

Namun, saat melintas di jalan itu, Afriyani yang mengemudi mobil, hilang konsentrasi dan akhirnya menabrak para pejalan kaki. Sembilan orang tewas dan tiga lainnya luka-luka. Akibat peristiwa itu, Afriyani juga ditetapkan sebagai tersangka karena dianggap lalai dalam mengendarai mobil sehingga menyebabkan sembilan orang tewas dan tiga lainnya luka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.