Salah Pergaulan, Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

Kompas.com - 24/01/2012, 18:30 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh anak muda lebih dikarenakan pengaruh pergaulan yang memang rentan dengan hal-hal negatif. Untuk itu, perhatian pada orang-orang terdekat dapat dijadikan deteksi dini adanya penyalahgunaan narkoba ini.

"Kasus narkoba di Indonesia cukup tinggi. Tapi yang terjadi pada tersangka kecelakaan di Gambir itu karena pergaulan," kata Psikolog, Tika Bisono, ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (24/1/2012).

Menurutnya, kasus narkoba akibat pergaulan ini lebih mudah diberantas dengan memberikan peringatan bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat memilih untuk menyia-nyiakan nyawa dengan menggunakan narkoba atau tetap hidup sehat mewujudkan cita-cita tanpa narkoba.

"Kampanye narkoba harus lebih gencar dan lebih keras menunjukkan akibatnya. Karena sampai saat ini, tidak ada hukuman mati untuk dealer atau user," jelas Tika.

Sementara jika penyalahgunaan narkoba ini sebagai alibi pelarian dari depresi atau stress, maka menemukan sahabat yang tepat atau anggota keluarga yang dekat untuk bercerita dan berbagi akan lebih baik. Mengingat pelarian ke narkoba tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapi melainkan menambah masalah baru yang semakin parah.

"Mungkin saat itu, masalahnya selesai. Tapi efek berikutnya, kecanduan dan kerusakan parah pada saraf otak. Sahabat, keluarga atau psikiater dapat membantu jika ada masalah," tutur Tika.

Ia juga menambahkan pergaulan anak muda zaman sekarang cukup bebas sehingga orangtua dan orang-orang terdekat wajib terus memperhatikan perkembangan anak-anak atau sahabatnya. "Pakai narkoba itu sama sekali tidak baik dan tidak ada untungnya. Akibatnya fatal bagi tubuh pengguna," tandasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.