Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Kuorum, Rapat Paripurna Prijanto Batal

Kompas.com - 25/01/2012, 15:48 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat paripurna tentang pembahasan pengunduran Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diagendakan hari ini tidak terlaksana karena tidak kuorum. Anggota DPRD DKI Jakarta yang hadir kurang dari 75 persen jumlah total anggota DPRD DKI Jakarta yang ada.

"Rapat paripurna ini tidak bisa dilakukan karena tidak kuorum. Karena itu, ini tidak bisa diteruskan," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan saat memimpin rapat paripurna, di ruang rapat paripurna DPRD DKI, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Kuorum rapat paripurna ini tidak terpenuhi karena Fraksi Partai Demokrat yang memiliki 32 kursi di DPRD DKI Jakarta tidak hadir dalam rapat paripurna ini. Padahal, jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak di DPRD DKI Jakarta mengingat saat Pemilihan Legislatif 2004 Partai Demokrat meraih suara terbanyak.

Akibat keputusan ini, fraksi-fraksi yang hadir melakukan serangan kepada pimpinan Dewan yang mengambil langkah untuk membatalkan rapat paripurna. Fraksi-fraksi tersebut, antara lain fraksi Gerindra, Golkar, PDI-P, dan PAN-PKB, menuntut penjelasan dari Ferrial mengapa anggota fraksinya yang memiliki perolehan suara terbanyak justru tidak hadir.

Kemudian fraksi-fraksi ini juga meminta pimpinan Dewan memberi kesempatan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto untuk mengungkapkan alasan pengunduran dirinya di hadapan masyarakat. Namun, tetap saja Ketua DPRD DKI Jakarta bersikeras bahwa rapat tidak akan terlaksana lantaran anggota Dewan tidak memenuhi kuorum.

"Kami tampung semua saran dan kritiknya. Sesuai dengan peraturan, rapat kali ini ditunda," ujar Ferrial sambil mengetuk palu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.