Pengacara: Afriyani Baru Coba-coba Pakai Ekstasi

Kompas.com - 27/01/2012, 12:24 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Afriyani Susanti (29), tersangka kasus kecelakaan maut dan penyalahgunaan narkotika, menyatakan dirinya baru dalam hal mengonsumsi narkotika. Berdasar pengakuannya di hadapan penyidik, Afriyani mengaku baru pertama mencoba obat-obatan terlarang itu.

Hal ini disampaikan kuasa hukum Afriyani, Efrizal, Jumat (27/1/2012), saat dihubungi wartawan. "Dia bukan pemakai, hanya coba-coba saja pas saat itu. Dia malah nggak tahu itu rasanya kayak apa. Dia baru pakai pas malam sebelum kecelakaan," kata Efrizal.

Efrizal mengatakan, Afriyani mengaku hanya memberikan uang Rp 300.000 kepada seorang temannya yang juga menjadi tersangka. Dengan uang itu, temannya membeli sebutir pil ekstasi. "Bukan dia yang beli jadi dia nggak tahu itu dari mana. Dia hanya kasih uang Rp 300.000 untuk satu butir dibagi empat. Jadi seperempat-seperempat," ujar Efrizal.

Kendati demikian, aparat kepolisian meyakini bahwa Afriyani dan tiga temannya, yakni Arisandi (34), Denny M (30), dan Adistina Putri (26), telah mengonsumsi dua butir pil ekstasi saat berpesta semalam suntuk di klub malam Stadium, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Ekstasi itu dibeli dari seseorang di tempat parkir Stadium.

Selain mengonsumsi ekstasi, mereka juga menenggak minuman keras hingga mabuk berat. Setelah itu, mereka bertolak menuju Kemang melalui Jalan MI Ridwan Rais. Namun, saat melintas di jalan itu, Afriyani yang memegang kemudi setir hilang konsentrasi dan akhirnya menabrak para pejalan kaki.

Akibat peristiwa itu, Afriyani ditetapkan sebagai tersangka karena dianggap lalai dalam mengendarai mobil sehingga menyebabkan sembilan orang tewas dan tiga lainnya luka. Dari hasil tes urine, Afriyani, Adistina Putri Grani, Deny Mulyana, dan Arisandi, ternyata positif mengandung unsur metamphetamine. Keempatnya kini ditahan di Polda Metro Jaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.