Periksa Status Paspor Bisa Lewat SMS

Kompas.com - 03/02/2012, 11:29 WIB
Penulis Antony Lee
|
EditorMarcus Suprihadi

BOGOR, KOMPAS.com — Masyarakat yang membuat paspor di Kantor Imigrasi Bogor, Jawa Barat, bisa memeriksa tahapan paspor mereka melalui layanan pesan singkat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu datang untuk mengecek paspor.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Bogor Bambang Catur Puspitowarno di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/2/2012).

Menurut dia, pemohon paspor bisa mengirim pesan singkat ke nomor 081383337774 dengan mengetik PASPOR lalu spasi disambung mengetik nomor permohonan paspor.

Secara otomatis pemohon akan mendapat pesan singkat balasan berupa nama pemohon dan status paspor, misalnya sedang scan tanda tangan atau foto.

Menurut Bambang, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan paspor baru empat hari setelah foto. Khusus untuk perpanjangan paspor, kata dia, untuk paspor yang dikeluarkan September 2008, cukup datang dengan membawa KTP, kartu keluarga, dan paspor lama.

"Kalau dulu harus seperti permohonan paspor baru. Di Bogor rata-rata dalam sehari ada 100-150 pemohon paspor, tetapi bisa lebih jika masuk masa peak liburan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.