Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Status Paspor Bisa Lewat SMS

Kompas.com - 03/02/2012, 11:29 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Masyarakat yang membuat paspor di Kantor Imigrasi Bogor, Jawa Barat, bisa memeriksa tahapan paspor mereka melalui layanan pesan singkat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu datang untuk mengecek paspor.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Bogor Bambang Catur Puspitowarno di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/2/2012).

Menurut dia, pemohon paspor bisa mengirim pesan singkat ke nomor 081383337774 dengan mengetik PASPOR lalu spasi disambung mengetik nomor permohonan paspor.

Secara otomatis pemohon akan mendapat pesan singkat balasan berupa nama pemohon dan status paspor, misalnya sedang scan tanda tangan atau foto.

Menurut Bambang, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan paspor baru empat hari setelah foto. Khusus untuk perpanjangan paspor, kata dia, untuk paspor yang dikeluarkan September 2008, cukup datang dengan membawa KTP, kartu keluarga, dan paspor lama.

"Kalau dulu harus seperti permohonan paspor baru. Di Bogor rata-rata dalam sehari ada 100-150 pemohon paspor, tetapi bisa lebih jika masuk masa peak liburan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com