Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Cuci Darah RSCM Dialihkan

Kompas.com - 06/02/2012, 13:59 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk sementara waktu akan mengalihkan layanan bagi pasien cuci darah ke beberapa rumah sakit lain di Jakarta. Kebijakan ini diambil pascaterbakarnya ruangan Hemodialisis (cuci darah) Central Medical Unit 1 lantai 8.

"Pasiennya kami (RSCM) refer ke beberapa rumah sakit yang memiliki pelayanan serupa selama beberapa hari," kata dr Omo Abdul Madjid, Sp.OG, Direktur Umum dan Operasional RSCM dalam jumpa pers di RSCM, Jakarta, Senin (6/1/2012).

Beberapa rumah sakit yang disebutkan dr Omo, antara lain Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, RS Jakarta Medical Center (JMC) Warung Buncit, Jakarta Selatan, dan RS Harapan Jayakarta, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

"Pengalihan sementara ini akan berlangsung kira-kira tujuh hari. Kami harapkan lebih singkat," kata dr Omo.

Waktu pengalihan yang cukup panjang tersebut dibutuhkan lantaran pihak RS perlu membersihkan seluruh perangkat dari jelaga dan memperbaiki kerusakan gedung. Kebakaran terjadi di gedung CMU 1 Lantai 8 RSCM sekitar pukul 06.00 tadi. Kebakaran diketahui setelah seorang petugas pagi melihat adanya asap dari ruang hemodialisis. Dua dari 36 unit peralatan cuci darah di ruangan itu terbakar bersama satu tempat tidur pasien. Tidak ada korban jiwa dan cedera dalam kejadian ini.

" Karena waktu kejadian belum jam pemeriksaan pasien," terang Omo.

Kerugian material yang diderita diperkirakan kurang dari Rp 1 miliar. Namun, pelayanan untuk pemeriksaan maupun perawatan lainnya berjalan normal. Hanya pengamanan tampak diperketat dengan penjagaan dari sekuriti rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com