Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Singapura Merebak di Depok

Kompas.com - 07/02/2012, 12:49 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Musim hujan ini beragam jenis penyakit menyerang warga. Salah satu penyakit menular yang menyerang warga Depok saat ini adalah flu singapura.

Penyakit ini seperti cacar air, tetapi jenisnya berbeda. Flu singapura cenderung menyerang balita. Serangan flu singapura ditandai dengan bintik-bintik merah yang terkonsentrasi pada mulut, tangan, dan kaki.

”Sudah ada 11 pasien yang memeriksakan diri ke sini. Jumlah ini belum termasuk mereka yang memeriksakan diri ke klinik kesehatan dan rumah sakit lain,” kata Nur Afiah, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Selasa (7/2/2012), di Depok.

Dari informasi yang dihimpun Kompas, beberapa klinik dan rumah sakit yang menerima pasien flu singapura, antara lain, Puskesmas Bojongsari di Perumahan Pamulang Village, Klinik Kesehatan As Syifa Jalan Raya Limo, dan Rumah Sakit Hermina Jalan Raya Tole Iskandar.

Sebagaimana namanya, flu singapura berasal dari Singapura. Virus tersebut masuk ke Indonesia setelah menyerang warga yang datang dari Singapura. Virus ini, tutur Afiah, lebih cepat menyerang pada saat musim hujan.

Serangan virus ini membuat penderita meriang. Adapun proses penyembuhan penderita flu singapura rata-rata memerlukan waktu satu minggu. ”Sebaiknya harus dihadapi dengan meningkatkan daya tahan tubuh,” tutur Afiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com