Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes AS: Indonesia Punya Peluang Tingkatkan Produksi Pangan

Kompas.com - 08/02/2012, 11:37 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, menilai hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat sangat penting dalam banyak hal, termasuk di sektor pertanian. Oleh sebab itu, kedua negara harus bekerja sama untuk mengembangkan sektor pertanian keduanya juga dunia.

"Kami melihat hubungan dengan Indonesia sangat penting sehingga kami berusaha bekerja sama dalam banyak area," ucap Scot, pada acara Jakarta Food Security Summit, di Jakarta, Rabu ( 8/2/2012 ).

Saat ini, sebut dia, dunia sedang membutuhkan banyak produksi pangan. AS melihat Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan produksi pangannya. "Dan kami bekerja sama dengan Indonesia untuk bisa memproduksi lebih banyak," tambah Scot.

"Jadi yang penting dari semua hubungan tidak hanya berbicara saja, tapi berusaha memecahkan masalah bersama. Dengan memecahkan masalah bersama kita bisa menemukan penyelesaian untuk masalah pangan ini," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua dan Presiden Emeritus Donald Danforth Plant Science Center, Roger N Beachy, menegaskan hubungan kerja sama antara AS dan Indonesia berlangsung dua arah. Kedua negara saling membantu untuk mengembangkan sektor pertanian masing-masing. "Jadi ini bukan jalur satu arah saja. Dari AS ke Indonesia tapi juga kami berharap ada ilmuwan Indonesia dapat menemukan sesuatu yang bisa dipakai di AS. Ini adalah kerja sama yang nyata karena kita punya orang pintar di kedua negara," sebut Roger, di mana penemuan ilmuwan kedua negara diharapkan bisa juga digunakan di tempat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com