Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekonstruksi "Xenia Maut" Bisa Tanpa Afriyani

Kompas.com - 08/02/2012, 22:34 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas memastikan akan ada rekontruksi tentang bagaimana Daihatsu Xenia yang dikendarai Afriyani sampai menabrak 12 pejalan kaki. Namun, kegiatan rekontruksi itu bisa saja dilakukan tanpa kehadiran Afriyani dan tiga temannya, penumpang Xenia maut tersebut.

"Rekonstruksi pasti akan kami laksanakan. Kapannya, menunggu hasil analisis ahli dari MIPA Universitas Indonesia. Hasil analisis mereka secara tertulis kemungkinan akan diserahkan kepada kami besok," kata Dwi Sigit, Rabu (8/2/2012).

Ia menjelaskan, rekonstruksi akan dilaksanakan untuk memastikan bagaimana kecelakaan itu sampai terjadi. "Semua upaya yang dapat mengungkap dengan jelas kasus ini diupayakan agar menjadi bahan pegangan penuntutan di persidangan nanti. Terlebih lagi, kasus kecelakaan ini sangat menarik perhatian masyarakat luas," kata Dwi Sigit.

Kegiatan rekonstruksi tersebut, lanjutnya, bisa dilangsungkan di lokasi kejadian dengan menghadirkan atau tidak menghadirkan tersangka, atau rekonstruksi dipindahkan ke lokasi lain. Kepastiannya bergantung pada hasil analisis situasi keamanan.

"Kalau dinilai tidak kondusif bagi keamanan semua pihak, bisa saja tersangka diganti dengan pemeran pengganti, atau lokasi rekonstruksi dipindahkan ke tempat lain," ungkapnya. Rekonstruksi itu dilakukan untuk melihat dan merekam urut-urutan kejadiannya berdasarkan keterangan para tersangka yang tertuang dalam berita acara pemeriksaan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com