Relokasi Warga Bantaran Ciliwung Butuh Rp 6 Triliun

Kompas.com - 09/02/2012, 16:45 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam program penanganan banjir Jakarta Urgent Flood Mitigation Project (JUFMP), akan dibangun rumah susun sewa (rusunawa) di kawasan Berlan, Matraman, Jakarta Timur untuk warga bantaran Kali Ciliwung yang terkena relokasi.

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, mengatakan untuk pengadaan tanah, pengalihan aset serta persiapan penyusunan bangunan segmen pertama proyek ini akan diberikan waktu selama enam bulan ke depan. Alokasi dana untuk segmen pertama proyek ini termasuk pembangunan rusunawa adalah sebesar Rp 5 triliun sampai Rp 6 triliun.

"Ini merupakan bagian dari upaya membantu masyarakat menurunkan angka kemiskinan," tutur Agung di Balaikota, Jakarta, Kamis (9/2/2012).

Segmen pertama proyek ini, lanjutnya, akan dilakukan di bantaran kali sepanjang Kampung Melayu hingga Manggarai. Sekitar 1.185 bangunan akan direlokasi dari situ dengan jumlah penduduk kurang lebih 10.000 jiwa. Untuk itu, pembangunan rusunawa seluas 20 hektar di Berlan, Jakarta Timur ini segera dilakukan tahun ini.

"Kami berharap ini dapat berjalan dan berlanjut dengan baik dan tidak ada permasalahan," tutur Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.