Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Insiden Sabu di Acara SBY

Kompas.com - 10/02/2012, 15:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan peninjauan kawasan budidaya ikan di Kampung Pangan Terpadu Minapolitan, Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, seorang pemuda kedapatan membawa sabu.

"Tadi memang Kapolres sudah melaporkan, pada saat acara Presiden ke penangkaran ikan patin, ada seorang pemuda yang ditangkap membawa sabu enam paket," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, Jumat (10/2/2012).

Identitas pemuda itu bernama Sabda (26). Sabda dikenal sebagai penduduk setempat, tetapi bukan petani ikan patin. Ia ditangkap pada pukul 07.50 WIB. Saat itu, Paspampres sedang melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 1.500 tamu yang datang.

Saat akan diperiksa, Sabda menolak sehingga memancing kecurigaan Paspampres. Akhirnya, ketahuan kalau ia membawa enam paket sabu yang disimpan dalam kotak rokok.

Sabda pun langsung diamankan di Polsek Kumpeulu, Kabupaten Muarojambi. Menurut Julian, penangkapan Sabda dilakukan sebelum acara berlangung. Saat itu, Presiden belum tiba di tempat acara yang dimulai pukul 08.10 WIB. 

"Tidak ada pengamanan tambahan untuk Presiden pascakejadian tersebut. Tetap sesuai protap yang ada," kata Julian.

Sebagai informasi, SBY melakukan kunjungan kerja ke Jambi dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional. Di sela-sela kunjungan kerja tersebut, Presiden juga direncanakan melakukan peninjauan tanaman hortikultura, hasil olahan ikan patin, dan proses pembuatan pakan ikan.

Siang harinya, Kepala Negara melakukan ibadah shalat Jumat di Masjid Agung Al-Falah, sebelum kembali ke Jakarta melalui Bandara Sultan Thaha pada pukul 14.00 WIB. (Kontan/Yudho Winarto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com