Kronologi Insiden Sabu di Acara SBY

Kompas.com - 10/02/2012, 15:14 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan peninjauan kawasan budidaya ikan di Kampung Pangan Terpadu Minapolitan, Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, seorang pemuda kedapatan membawa sabu.

"Tadi memang Kapolres sudah melaporkan, pada saat acara Presiden ke penangkaran ikan patin, ada seorang pemuda yang ditangkap membawa sabu enam paket," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, Jumat (10/2/2012).

Identitas pemuda itu bernama Sabda (26). Sabda dikenal sebagai penduduk setempat, tetapi bukan petani ikan patin. Ia ditangkap pada pukul 07.50 WIB. Saat itu, Paspampres sedang melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 1.500 tamu yang datang.

Saat akan diperiksa, Sabda menolak sehingga memancing kecurigaan Paspampres. Akhirnya, ketahuan kalau ia membawa enam paket sabu yang disimpan dalam kotak rokok.

Sabda pun langsung diamankan di Polsek Kumpeulu, Kabupaten Muarojambi. Menurut Julian, penangkapan Sabda dilakukan sebelum acara berlangung. Saat itu, Presiden belum tiba di tempat acara yang dimulai pukul 08.10 WIB. 

"Tidak ada pengamanan tambahan untuk Presiden pascakejadian tersebut. Tetap sesuai protap yang ada," kata Julian.

Sebagai informasi, SBY melakukan kunjungan kerja ke Jambi dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional. Di sela-sela kunjungan kerja tersebut, Presiden juga direncanakan melakukan peninjauan tanaman hortikultura, hasil olahan ikan patin, dan proses pembuatan pakan ikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siang harinya, Kepala Negara melakukan ibadah shalat Jumat di Masjid Agung Al-Falah, sebelum kembali ke Jakarta melalui Bandara Sultan Thaha pada pukul 14.00 WIB. (Kontan/Yudho Winarto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.