Tim Medis Ambil Sampel Feses 16 Penderita

Kompas.com - 10/02/2012, 23:18 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

DEPOK, KOMPAS.com Tim medis gabungan dari Pusat Kesehatan Masyarakat Bojongsari Dinas Kesehatan Depok dan Kementerian Kesehatan mengambil sampel feses 16 penderita flu singapura. Pengambilan sampel ini dilakukan untuk meneliti kebenaran dan asal usul merebaknya virus flu singapura di Depok.

"Sampel feses akan kami bawa ke laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan, Senin. Hari ini kami memberikan botol penyimpan feses agar diserahkan ke kader siaga jika penderita buang air," tutur Tri Agung Saputra bagian Pemberantasan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Depok, Jumat (10/2/2012).

Adapun hasil uji laboratorium baru dapat diketahui seminggu kemudian setelah diteliti. Pengambilan sampel feses ini sengaja dilakukan kepada penderita yang masih dalam perawatan, atau mereka yang terserang dalam sepuluh hari terakhir.

Serangan flu singapura membuat warga Depok resah. Walaupun begitu, belum ada data yang menyebutkan jumlah seluruh penderita di seluruh wilayah Depok, padahal serangan virus ini terjadi di wilayah barat, tengah, dan timur. Di Kecamatan Bojongsari saja, terdapat 26 penderita yang terkonsentrasi di empat kelurahan.

Kepala Puskesmas Bojongsari, Nur Afiah, mengatakan, serangan pertama di wilayahnya terjadi pada 17 Januari 2012 di Kelurahan Serua. Saat itu tim medis mengetahui adanya serangan flu singapura, setelah 5 warga memeriksakan diri ke Puskesmas Bojongsari.

Serua merupakan kelurahan di bagian barat Depok yang berbatasan dengan Kota Tangerang Selatan, Banten. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.