Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambu di Cisarua Kalah dengan Papan Iklan

Kompas.com - 11/02/2012, 14:35 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Peristiwa kecelakaan bus Karunia Bakti di kawasan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, dinilai terjadi karena lebih banyak papan iklan ketimbang papan rambu lalu lintas.

Hal ini diungkapkan Dirjen Angkutan Darat Kementerian Perhubungan, Sudoyo Ali Moesso, saat meninjau lokasi kecelakaan, Sabtu (11/2/2012). "Di sini rambunya kalah dengan papan iklan. Rambu di sini harus banyak. Kalau jalanan curam, diberitahu lewat rambu, atau saat ada persimpangan diberikan rambu," ujar Sudoyo.

Dikatakannya, daerah Cisarua memiliki banyak kegiatan bisnis mulai dari perbankan, ritel, sampai restoran. Karena banyaknya orang yang hilir mudik di daerah tersebut, Sudoyo meminta agar rambu di tempat tersebut ditambah. "Sekarang banyak rambu, tetapi rambu iklan. Pengendara harus hati-hati lewat sini karena banyak aktivitas warga," ucapnya.

Mengenai pemeriksaan apakah bus Karunia Bakti yang mengalami kecelakaan tersebut laik jalan atau tidak, Sudoyo menjelaskan, saat ini tengah dilakukan investigasi antara kepolisian dan KNKT. Hasil investigasi tersebut nantinya akan dicocokkan untuk menentukan apakah bus maut tersebut laik jalan atau tidak pada saat itu.

"Yang menyatakan bus itu laik jalan atau tidak adalah Dishub daerah. Ketentuannya, setiap angkutan itu harus diuji kelayakannya setiap enam bulan sekali," katanya. (Tribunnews/Danang Setiaji Prabowo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com