Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ricuh Antarpendukung Calon, BPS Tolikara Terbakar

Kompas.com - 15/02/2012, 18:34 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com- Kota Karubaga, Ibukota Kabupaten Tolikara, Rabu (15/2/2012) ricuh. Hal itu diduga buntut konflik antarpendukung John Tabo dan Usman Wanimbo, dua bakal calon bupati yang maju dalam pemilihan 17 Februari mendatang.

Dampak dari ricuh itu, kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tolikara ikut terbakar saat massa membakar posko Partai Demokrat yang berada satu deret dengan Kantor BPS Kabupaten Tolikara. Terbakarnya kantor BPS Kabupaten Tolikara itu dibenarkan oleh Kepala BPS Provinsi Papua Djarot Sutanto.

"Semua pegawai BPS Kabupaten Tolikara berhasil menyelamatkan diri. Semua arsip dan dokumen yang dimiliki oleh kantor itu dilaporkan habis terbakar bersama semua perlengkapan yang mereka miliki. Saat ini para pegawai itu," tutur Djarot berlindung di kantor polisi setempat.

Dalam pilkada kali ini, John Tabo yang berpasangan dengan Edi Suyanto mendapat dukungan dari Partai Golkar, sementara Usman Wanimbo yang berpasangan dengan Amos Djikwa didukung oleh Partai Demokrat serta koalisi partai lainnya.

Pada paruh akhir Januari lalu kedua kelompok massa dua calon bupati itu juga terlibat bentrok. Dalam bentrokan kala itu seorang warga tewas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com