Gratis Naik Transjakarta, Penumpang Normal

Kompas.com - 26/02/2012, 17:16 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Program gratis naik bus Transjakarta yang berlaku khusus hari Minggu (26/2/2012) ini rupanya tak berpengaruh besar bagi peningkatan jumlah pengguna jasa transportasi massal tersebut. Hal tersebut diungkapkan Dwi Setio, Supervisor Ticketing Shelter Ragunan. "Masih normal kok ini, memang biasanya kaya gini," ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui di Shelter Ragunan, Jakarta Selatan.

Hingga pukul 16.30 WIB, data dari tiketing Shelter Ragunan menunjukan angka sebesar 4.000 pengguna Transjakarta. "kalau sampe closing bisa sampai 6 ribuan," lanjutnya.

Menurut Dwi, peningkatan jumlah pengguna Transjakarta tersebut hanya berpengaruh pada periode pengambilan gaji pegawai setiap bulannya. "Kalau tanggal-tanggal muda, ya biasa aja, tapi kalau tanggal segitu itu (pengambilan gaji) bisa sampai 7 ribu," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan di Shelter Ragunan, kepadatan penumpang yang kebanyakan remaja dan keluarga tersebut memang terjadi di akses pintu masuk. Untuk itu, petugas mengambil kebijakan "buka-tutup" bagi penumpang agar tak terjadi penumpukan di dalam shelter. "Ya memang begini tiap weekend," lanjutnya.

Program yang dibuat oleh Badan Layanan Umum Transjakarta tersebut, diakuinya telah diumumkan ke petugas di shelter-shelter sejak satu bulan lalu. Sosialisasi kepada penumpang pun telah dilakukan, antara lain dengan pemasangan spanduk di jalan-jalan, maupun di teks berjalan yang ada di dalam bus.

Program gratis sehari naik bus Transjakarta ini dimulai pukul 05.00 hingga 23.00 WIB di 11 koridor Transjakarta serta mengerahkan sekitar 4.300 orang petugas untuk dua shift. Program tersebut dimaksudkan untuk menarik masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi masal ketimbang kendaraan pribadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.