Warga Ingin Layanan Semakin Baik

Kompas.com - 27/02/2012, 04:47 WIB
Editor

jakarta, kompas - Layanan gratis naik bus transjakarta sepanjang hari Minggu (26/2) dimanfaatkan dengan baik oleh warga Jakarta. Sebagian besar tujuan mereka adalah kawasan wisata, seperti Ragunan dan Ancol.

Menurut Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Busway Muhammad Akbar, hingga pukul 18.00, jumlah penumpang mencapai 293.000 orang. Sementara pada hari Minggu biasa, hingga pukul 23.00, jumlah penumpang hanya 259.000 orang. ”Mereka memanfaatkan layanan gratis ini untuk sekalian berwisata. Tadi di Halte Dukuh Atas, penumpang menuju Ragunan mengular hingga ke jembatan,” kata Akbar.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam pembukaan layanan gratis itu mengaku gembira dengan program ini. Gubernur berharap warga memanfaatkan kesempatan ini untuk merasakan layanan transjakarta dan mendapatkan informasi rute perjalanan bus transjakarta.

”Layanan transjakarta memang masih belum bisa dibilang ideal. Namun, transjakarta bisa mengantarkan warga yang berada di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menuju Ancol di Jakarta Utara hanya dengan Rp 3.500,” kata Fauzi.

Gubernur juga berharap layanan gratis ini bisa mengajak semakin banyak lagi warga Jakarta berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal transjakarta. ”Saat ini sudah ada 15 persen yang pindah dari kendaraan pribadi ke transjakarta. Kami akan terus memperbaiki layanan transjakarta agar semakin banyak warga mau pindah,” ujar Fauzi.

Sementara itu, Isnan (41), warga Sumur Bor, Cengkareng, memanfaatkan layanan gratis transjakarta ini bersama kedua anaknya. Dia mengaku sangat senang naik transjakarta. Alasannya, selain murah, bus ini juga nyaman. ”Kalau bawa anak kecil tidak terlalu khawatir mereka rewel karena kepanasan. Tetapi, tadi saya mendapat bus yang pegangan atasnya rusak. Jadi, tadi saya kesulitan untuk pegangan,” kata Isnan yang ditemui di Harmoni.

Riska (29), warga Rawamangun, mengatakan, transjakarta akan semakin dipilih jika jarak kedatangan di halte diperpendek. ”Kalau penumpang menunggu hingga lebih dari 15 menit, dia akan pindah dari bus transjakarta,” ujar Riska. (ARN)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.