Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kampung Pulo Terendam Banjir

Kompas.com - 27/02/2012, 12:20 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, kembali terendam banjir sejak Senin (27/2/2012) dini hari. Akibatnya, aktivitas warga pun terganggu. Menurut Alex (41), warga RT 10 RW 03, Kampung Pulo, yang rumahnya ikut terendam, air mulai menggenangi kawasan permukiman sejak tadi malam, Minggu (26/2/2012) sekitar pukul 20.00 WIB.

"Surutnya jam 00.00 WIB, tapi jam 02.00 WIB naik lagi sampai sekarang," ujarnya kepada Kompas.com.

Tercatat ada 48 RT dari 7 RW yang terendam banjir. Sementara kondisi terparah dialami warga di RW 03. Ketinggian air pun bervariasi antara betis hingga setinggi dada orang dewasa. "Tapi kami sih masih bertahan di rumah. Kalau menurut warga di sini, banjir begini masih anaknya, masih kecil," ujar Alex.

Alex mengatakan, sudah hampir seminggu belakangan, banjir akibat intensitas Kali Ciliwung yang meluap tersebut menggenangi permukiman kawasan Kampung Pulo. Namun warga yang rata-rata sudah tinggal puluhan tahun tersebut mengaku telah terbiasa dengan kondisi itu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi banjir, meski air telah memasuki rumah mereka, warga masih tetap bertahan di dalam rumah. Sementara anak-anak tetap menikmati datangnya banjir dengan berenang di lorong-lorong rumah yang sudah tergenang. Padahal, selain cukup dalam, sejumlah aliran air terlihat cukup deras dan berbahaya.

Alex dan warga lainnya tetap berharap pada pemerintah agar ada solusi terbaik dalam menanggulangi banjir yang diakuinya sudah terjadi sejak tahun 1990-an tersebut. "Ya, masak dari dulu nggak berubah-ubah sih," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com