Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Kelaikan Digenjot

Kompas.com - 28/02/2012, 02:19 WIB

jakarta, kompas - Menyikapi semakin banyaknya kecelakaan di jalan raya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggenjot uji kelaikan angkutan umum. Sedikitnya 27 angkutan umum ditilang dalam razia angkutan yang digelar di Terminal Kalideres, Senin (27/2).

Dari 27 angkutan umum dalam kota dan antarkota yang ditilang, dua di antaranya dikandangkan. Pajak STNK kedua kendaraan itu sudah habis sejak tahun 2011 dan belum diperpanjang.

”Ini memang operasi rutin. Namun, dengan banyaknya kecelakaan lalu lintas akhir-akhir ini, kami genjot lagi operasi penertiban angkutan umum, terutama di dalam terminal,” kata Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Umbul Gunawan.

Dari razia itu, diketahui kebanyakan angkutan umum tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan atau masa berlaku suratnya sudah habis. Selain itu, bodi angkutan terlihat sudah keropos, kaca pecah, penyapu kaca tidak berfungsi, dan lampu kendaraan tidak menyala.

Ada pula angkutan yang emisi gas buangnya mengandung oktan terlalu tinggi. Asap hitam terlihat mengepul dari knalpot angkutan.

Sementara sopir angkutan umum masih kedapatan tidak mengenakan seragam. Ada juga sopir yang tidak memiliki kartu pengenal anggota.

Kepala Terminal Bus Antarkota Antarprovinsi Kalideres Hengki Sitorus mengatakan, sebuah bus antarprovinsi tujuan Balaraja, Tangerang, dikandangkan karena dianggap tidak laik jalan.

”Surat pajak sudah habis sejak tahun 2011. Bodi bus pun sudah keropos dan lampu tidak menyala. Itu, kan, berbahaya,” ujarnya.

Dua kecelakaan terjadi

Kemarin, kecelakaan yang melibatkan angkutan umum kembali terjadi di beberapa tempat di Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com