Menunggu Bus Transjakarta Berhenti

Kompas.com - 04/03/2012, 02:51 WIB
Editor

Bus transjakarta telah menemukan pelanggannya tersendiri. Dengan koridor yang ada, mulai dari Koridor I (Blok M-Kota) hingga Koridor XI (Pulo Gebang-Kampung Melayu), bus transjakarta saat ini melayani sekitar 350.000 penumpang per hari. Moda transportasi ini mulai digunakan pada 15 Januari 2004 saat Gubernur Sutiyoso memimpin DKI Jakarta.

Beragam kritik terus dilayangkan terkait keberadaan jalur busway ini. Mulai ruas jalan yang menyempit hingga membuat kemacetan pengguna jalan yang lain, hingga trotoar buat pejalan kaki yang terdesak.

Masalah jalur yang belum steril, jumlah armada bus yang masih sedikit, dan ketersediaan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) yang masih terbatas membuat bus transjakarta kurang berkembang cepat. Penumpang harus menunggu lama di dalam halte dan sulit memprediksi kapan bus datang.

Dengan kata lain, pengelolaan bus transjakarta masih menghadapi banyak kendala. Namun, jika semua pemangku kepentingan mau membenahi, bus transjakarta bisa menjadi angkutan yang membanggakan.

Seandainya itu terjadi, tak mustahil warga yang menggunakan kendaraan pribadi pun bersedia pindah ke bus transjakarta.

Teks dan Foto: Agus Susanto

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.