Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada yang Berminat Jadi Operator Buslane

Kompas.com - 09/03/2012, 18:27 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, mengalami kesulitan untuk mencari operator buslane, sejenis busway di Jakarta. Karena hal ini, Pemkot Tangerang berupaya mengembalikan 10 bus yang merupakan hibah Kementerian Perhubungan.

"Sampai saat ini belum ada operator buslane yang bersedia untuk mengoperasikan dan faktor jarak tempuh dan jumlah armada yang tersedia," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Tangerang Gatot Suprijanto, Jumat (9/3/2012) di Tangerang.

Dia mengatakan dua operator yang dianggap berpengalaman mengoperasi kendaraan jenis bus, yakni PT Primajasa dan Damri, tidak bersedia menjadi operator. Ironisnya, selama beberapa bulan Pemkot Tangerang membuka peluang tender operator buslane, belum ada perusahaan yang mendaftar. Tidak ada perusahaan yang bersedia melayani rute buslane yang menempuh jarak 14 km dari Terminal Poris Plawad ke Terminal Kalideres.

Akibat masalah ini, Dinas Perhubungan Kota Tangerang berencana memulangkan bus-bus yang sebelumnya dihibahkan oleh Kemenhub. Hibah itu diberikan pada
awal Februari 2011 dan selama ini terpaksa mangkrak terkena panas dan hujan tanpa ada perawatan di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Jalur khusus beserta halte dan rambu lalu lintas pendukung buslane pun tak jadi digunakan.

DPRD Kota Tangerang terus mendesak Dishub Kota Tangerang agar tetap melanjutkan proyek buslane tersebut. Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang Suparmi mengatakan, Dishub harus bertanggungjawab terhadap beroperasinya buslane tersebut karena proyek ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com