Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Masih Gamang Tentukan Sikap

Kompas.com - 12/03/2012, 20:05 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih belum mengambil sikap terkait pencalonan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang sudah di depan mata. Rapat pleno dihadiri para petinggi partai banteng ini pun terus dilakukan, namun masih belum menemukan hasil.

Pelaksana Harian Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI P DKI Jakarta, Djarot Saeful Hidayat, usai rapat pleno, Senin (12/3/2012) sore, di Kantor DPP PDI P, Lenteng Agung, membenarkan hal itu. Hingga kini partainya belum juga menentukan sikap.

"Memang benar, hari ini ada rapat pleno DPP untuk memetakan dan mengerucutkan beberapa opsi. Tetapi, sore tadi belum juga diputuskan orang per orangnya," ungkap Djarot.

Djarot menjelaskan, hingga saat ini ada dua opsi terus digodok partai. Dua opsi itu adalah mengusung kader sendiri sebagai calon gubernur dengan berkoalisi bersama partai lain atau melimpahkan dukungan kepada calon incumbent, Fauzi Bowo. Fauzi Bowo diduga kuat akan diusung oleh Partai Demokrat.

"Itu dua opsi yang sama dan setara. Apakah PDI-P usung kader sendiri sebagai gubernur, yaitu Jokowi, sementara wakilnya akan kami bicarakan dengan partai pendukung. Atau, PDI-P mengambil opsi juga yang setara dengan mengusung Foke dan wakilnya bisa dari internal partai," tutur Djarot.

Dari dua opsi itu, Djarot mengaku, partainya masih belum bisa menentukan pilihan. Namun, ia membantah bahwa PDI-P sedang kebingungan lantaran tertinggal langkah dari partai-partai lainnya, seperti Golkar, yang sudah menemukan pasangan cagub-cawagubnya dengan koalisi bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Damai Sejahtera (PDS).

"Tidak ada kebingungan. Kami sama sekali tidak bingung. Kami banyak stok. Kami harus hitung berbagai macam dinamika yang ada di lapangan. Dan ingat, bahwa ini DKI. Masa depan Indonesia ada di sini. Jadi, kita tidak boleh berpikir secara praktis pragmatis," kata Djarot.

Adapun pendaftaran pasangan cabug-cawagub yang sudah mulai dibuka besok, Selasa (13/3/2012), pun diakui Djarot tidak membuat partainya ketar-ketir. Ia mengatakan, PDI-P kemungkinan besar akan mengumumkan pilihannya menjelang akhir pendaftaran pada 19 Maret 2012.

"Pendaftaran terakhir, kan, tanggal 19 (Maret) sampai pukul 24.00 WIB, berarti masih belum terlambat dong. Masih cukup waktu, dan sekarang saya yakin bahwa hubungan dan komunikasi dengan seluruh partai bisa dilakukan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com