Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPP "Status Quo" Nono, Koalisi Retak Sebelum Daftar

Kompas.com - 13/03/2012, 19:12 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dikabarkan akan mendaftar pada hari Minggu (18/3/2012), langkah pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono terganjal keputusan dari salah satu partai koalisi yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Partai berlambang ka'bah ini menetapkan status quo bagi bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta yaitu Nono Sampono.

Wakil Ketua DPW PPP DKI Jakarta, Joko Krismianto, mengatakan hal ini diputuskan setelah melakukan Musyawarah Kerja Wilayah II di Puncak pada Selasa (13/3/2012). Bahkan keputusan ini langsung diambil oleh Ketua Umum PPP, Suryadharma Alie.

"Ini arahan dari ketua umum. Berlaku sampai dievaluasi kembali hasil Muskerwilnya," kata Joko saat dihubungi, Selasa (13/3/2012).

Alasan mengambil langkah status quo bagi Nono Sampono ini, lanjutnya, disebabkan kader DPC PPP masih belum dapat menerima Nono sebagai cawagub. Bahkan partai ini masih berpegang pada keputusan Muskerwil I yakni mengusung pasangan Alex Noerdin-Lulung Lunggana.

"Jadi dikomunikasikan ke ketua umum dan ketua umum memilih status quo untuk Pak Nono," jelas Joko.

Lulung Lunggana sendiri merupakan Ketua DPW PPP DKI Jakarta yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Sampai saat ini, masalah wakil gubernur ini masih dibicarakan. Dengan permasalahan ini, koalisi Golkar, PPP dan PDS dapat terancam bubar jalan.

"Keputusan wakilnya masih dirundingkan kembali sampai rapat pimpinan DPW," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com