Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Terbakar di Landasan Pesawat Menhan AS

Kompas.com - 15/03/2012, 09:40 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta mendapat sambutan awal yang tidak menyenangkan dalam kunjungan ke Afganistan, Rabu (14/3/2012).

Sebuah mobil yang dikemudikan seorang warga Afganistan tiba-tiba menerobos masuk ke landas pacu tak jauh dari tempat pendaratan pesawat Panetta. Tidak ada yang terluka di antara rombongan Panetta, jelas juru bicara Pentagon, Kapten AL John Kirby.

Dalam insiden mengejutkan itu, sebuah truk pickup melaju dengan kecepatan tinggi ke jalur pacu dan masuk ke selokan tak jauh dari tempat pesawat Panetta akan mendarat di Camp Bastion, pangkalan udara Inggris di Provinsi Helmand, Afganistan selatan.

Truk itu tiba-tiba terbakar tetapi tidak meledak, kata Kolonel Gary Kolb, juru bicara militer AS di Afganistan. Kolb sekaligus membantah laporan sebelumnya yang menyebut mobil itu meledak. Sementara itu pengemudi truk tersebut mengalami luka bakar dan kini dalam perawatan.

Belum diketahui apakah pengemudi itu mengetahui bahwa Panetta berada di dalam pesawat yang akan mendarat itu. Di truk itu juga tidak ditemukan bahan peledak. Si pengemudi juga tidak membawa bom, ungkap Kolb. Panetta sendiri diberitahu soal insiden itu begitu dia turun dari pesawat.

"Terlalu dini untuk mengetahuinya. Bisa jadi itu cuma kebetulan," lanjut Kolb saat ditanya motif pelaku atau kemungkinan insiden itu sebuah upaya serangan yang gagal.

Kolb memaparkan, seorang tentara koalisi mengaku melihat pelaku mencuri truk tersebut dan berusaha menghentikannya. Namun pelaku menabraknya dengan truk tersebut. Tentara itu terluka, namun Kolb tidak menjelaskan seberapa serius kondisinya.

Panetta berkunjung ke Afganistan untuk melakukan serangkaian pembicaraan dengan tentara AS dan para pemimpin Afganistan menyusul pembunuhan 16 warga Afganistan oleh seorang tentara AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com