Makna Dua Kain Kafan Sebelum Kepergian Djuli

Kompas.com - 17/03/2012, 21:44 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang menyangka nyawa Djuli Elfano (47), wartawan senior TVRI, justru berakhir di tangan para perampok sepeda motor tepat di depan rumahnya di komplek Villa Bintaro Indah, Ciputat, Tangerang Selatan, pada Sabtu (17/3/2012) siang.

Djuli yang ketika itu pamit ke anak-anaknya untuk membeli aki tiba-tiba tewas tergeletak di depan rumah setelah memergoki dua pelaku hendak mencuri motornya. Kepergiaan Djuli, sang tulang punggung keluarga, begitu memukul keluarga kecilnya. Djuli meninggalkan satu orang istri bernama Rika Setyawati (42) dan dua orang putra yaitu Jelang Ramadhan (17) dan Kenang Jenaya (14).

Saat jenazah Djuli tiba di kamar jenazah RS Fatmawati, Rika tak henti-hentinya menangis. Sang istri yang baru saja menjalani pengobatan di bagian jantungnya ini terus didampingi kedua anaknya yang lebih memilih diam di samping sang bunda.

Jelang menuturkan keluarga sama sekali tidak memiliki firasat akan kepergian ayahnya. Namun, ada satu pesan terakhir yang diingat keluarga sebelum Djuli berpulang.

"Jadi sekitar dua minggu lalu, bapak baru pulang umroh. Pas pulang umroh dia beli dua lembar kain terus dia bilang ke Mama kalau dia meninggal dia mau pakai kain itu," ujar Jelang di RS Fatmawati, Sabtu (17/3/2012) malam.

Jelang mengenang ayahnya itu sebagai sosok yang tegas dan disiplin. Kendati demikian, Jelang mengaku kerap melontarkan candaan kepada sang ayah. "Yang paling nggak bisa dilupa yah itu saya suka banget becanda sama Papa," ujarnya.

Pemuda yang baru saja lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) ini mengaku ingat pesan terakhir sang ayah. "Dia bilang harus masuk diterima di kampus yang bagus, makanya saya disuruh belajar keras. Kebetulan sekarang saya mau tes masuk untuk kuliah. Papa selalu support apa pun pilihan anaknya selama itu baik," tandas Jelang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Djuli Elfano, wartawan senior TVRI, ditembak perampok di depan rumahnya di Villa Bintaro Indah, Jombang, Tangerang, Sabtu, sekitar pukul 13.30. Ia memergoki dua orang pria akan merampas sepeda motornya yang diparkir di depan rumah. Pelaku yang panik karena tepergok lantas melepaskan tembakan ke bagian dada kiri dan menyerempet ke ketiak bagian kanan. Djuli roboh berlumuran darah. Dua orang pelaku melarikan diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.