Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS: Kalau Tak Koalisi, Kami Maju Sendiri

Kompas.com - 19/03/2012, 12:17 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini merupakan batas terakhir pendaftaran bakal calon Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2012. Sejumlah partai, kecuali Golkar dan PPP, masih terlihat gamang dan menimbang-nimbang, siapa nama yang cocok untuk diusung memimpin Jakarta lima tahun mendatang. Kegamangan juga tampak terjadi di Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Presiden PKS Lutfi Hasan mengaku hingga kini, partainya masih sangat terbuka terhadap nama-nama yang beredar, termasuk kemungkinan berkoalisi dengan partai lain.

"Tapi, kalau nggak ada yang mau berkoalisi, ya kami maju sendiri lah," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/3/2012).

Pernyataan tersebut bukannya tidak beralasan, Partai belambang bulan sabit dan padi tersebut memiliki 18 kursi di DPRD DKI, melebihi syarat 15 kursi yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI. Dengan demikian, PKS sebenarnya bisa mengajukan sendiri nama dalam bursa pencalonan Gubernur DKI.

Lutfi mengatakan, semua nama yang sempat beredar di media masa beberapa hari terakhir memiliki peluang, antara lain Hidayat Nur Wahid dan Triwisaksana.

"Semua nama punya peluang, semuanya 50-50, karena kami berbasis pada program, bukan pertimbangan politik, bagi kami siapa yang berkomitmen bangun Jakarta lah yang kami pilih," katanya.

Nama Triwisaksana atau yang lebih dikenal Bang Sani, dikatakan Lutfi, merupakan salah satu nama yang menjadi unggulan, namun Lutfi menyatakan tetap terbuka dengan tokoh-tokoh lainnya untuk disandingkan dengan Bang Sani.

"Komunikasi kami sangat intensif dengan semua partai kok," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com