Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Penting Keberanian dan Keteladanan Pemimpinnya

Kompas.com - 20/03/2012, 01:00 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menilai setiap kota memiliki masalah yang tidak jauh berbeda. Untuk mengatasinya, butuh kualitas kepemimpinan yang sanggup menata kota dan menyejahterakan warganya.

"Yang diperlukan sebenarnya keberanian dan keteladanan pemimpinnya," kata Ahmad Muzani dalam konferensi pers di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2012).

Ia mengatakan, masalah yang seringkali muncul di perkotaan umumnya disebabkan oleh lemahnya kepemimpinan dan tidak adanya tekad untuk membangun. Atas dasar itulah, Gerindra memilih berkoalisi dengan PDI-P untuk mengusung pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Kedua tokoh ini dianggap sudah memiliki rekam jejak kesuksesan sebagai pemimpin daerah yang mumpuni. Jokowi sebagai Wali Kota Solo dikenal karena pendekatan yang manusiawi kepada warga dan kesuksesannya menata kota dan meningkatkan potensi pariwisata.

Sementara itu, Ahok, sapaan Basuki, adalah mantan Bupati Belitung Timur yang mampu memperbaiki tata pemerintahan. Ia juga dikenal sebagai pemimpin yang bersih sehingga dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Antikorupsi pada 2007.

"Dalam pandangan kami semangat itu seharusnya dapat ditransfer dalam menata Kota Jakarta," lanjut Muzani.

Ia mengakui, ada perbedaan antara Solo-Belitung dan Jakarta dalam banyak hal. Namun, ia yakin, dengan kepemimpinan dan pendekatan keduanya yang telah terbukti di daerah masing-masing, Jokowi-Ahok siap melakukan perubahan.

"Semuanya kembali kepada pemimpinnya. Tanpa keberanian dan keteladanan yang baik, pemimpin tidak akan sukses," kata Muzani.

Hal serupa dikatakan Pelaksana Harian Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta Djarot S Hidayat. Selain sudah teruji, Jakarta membutuhkan darah muda untuk melakukan pembaharuan.

"Pak Jokowi dan Pak Ahok bisa kita andalkan. Jakarta butuh darah segar. Dan, mereka adalah tokoh-tokoh muda yang layak mendapat kepercayaan untuk mengubah Jakarta," kata Djarot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com