Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penimbunan Berlanjut di Sejumlah Daerah

Kompas.com - 20/03/2012, 05:26 WIB

Palangkaraya, kompas - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mengamankan 21.559 liter solar dan 3.733 liter premium selama operasi pada 9-18 Maret 2012. Barang itu disita sebagai bukti aksi penimbunan bahan bakar minyak.

Kepala Polda Kalimantan Tengah Brigadir Jenderal (Pol) Bachtiar Hasanudin Tambunan, Senin (19/3), mengatakan, 18 kasus terjadi selama operasi itu digelar. ”Sebanyak 18 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sedang diproses,” ujarnya.

Selain solar dan premium, diamankan pula 820 liter minyak tanah. Kasus terakhir dan terbesar adalah penimbunan solar dan premium dengan jumlah total mencapai 9.900 liter yang ditampung dalam 45 drum, di Desa Puri, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Barat mengamankan dua truk yang memodifikasi tangki untuk menampung 900 liter solar. Hasil pemantauan di lapangan juga menunjukkan, pengawasan masih sangat longgar sehingga penimbun sangat mudah beraksi.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Barat Komisaris Besar Lotharia Latief, Senin, mengatakan, dua truk itu diamankan seusai mengisi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) Sungai Raya Dalam, akhir pekan lalu.

Pantauan di sejumlah SPBU di luar Kota Pontianak menunjukkan, sepanjang Jumat hingga Minggu para pengecer masih bisa dengan mudah mendapatkan BBM bersubsidi dalam jumlah besar melalui antrean.

Di dua SPBU di Kabupaten Pontianak, pengecer leluasa mengisi jeriken-jeriken besar dari tangki mobil mereka. BBM bersubsidi sudah tak bisa diawasi lagi, apakah akan ditimbun, dijual eceran, atau dikirim ke industri.

Sales Area Manager PT Pertamina Wilayah Kalimantan Barat Putut Andriatno mengklaim, pengawasan sudah dilakukan secara maksimal, bahkan sudah dibentuk tim khusus.

Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Barat Ajun Komisaris Besar Mukson Munandar mengatakan, untuk mengantisipasi penimbunan, ditempatkan empat polisi di setiap SPBU.

Dari Lampung, Kepala Polda Lampung Brigadir Jenderal (Pol) Jodie Rooseto mengatakan, polisi kini meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya penimbunan dan penyalahgunaan BBM.

”Kami sudah minta tiap SPBU dijaga dua personel. Pengawasan di Bandar Lampung dilakukan dengan patroli,” ungkapnya.

(BAY/AHA/JON)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com