Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstrasi Buruh Dijaga 4.000 Aparat

Kompas.com - 21/03/2012, 14:27 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan buruh di depan Istana Negara, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat setidaknya dikawal 4.000 petugas gabungan, baik dari kepolisian hingga TNI.

"Ya 4000 pasukan gabungan dari Polda Metro Jaya," ujar Kepala Kepolisian Resort Jakarta Pusat, Komisaris Besar Angesta Romano Yoyol kepada Kompas.com di lokasi aksi, Rabu (21/3/2012).

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, pengunjuk rasa memasuki kawasan di sekitar Istana Negara sekitar pukul 12.50 WIB. Sempat terjadi dorong mendorong antara para buruh dengan polisi bertameng karena mereka tidak diijinkan mendekati istana. "Tapi nggak ada kemungkinan untuk berantem lah," lanjut Yoyol.

Hingga pukul 13.26 WIB pun, para buruh masih melakukan orasi di depan halaman istana. Aksi unjuk rasa tersebut mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Gambir menuju Harmoni tersendat.

Sebelumnya diberitakan para buruh tersebut melakukan aksi untuk menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang direncanakan akan diberlakukan awal April 2012 mendatang. Kenaikan tersebut dianggap bertentangan dengan UU No. 22 Tahun 2011 tentang APBN 2012.

Para buruh juga menuntut agar pemerintah melakukan perubahan secara mendasar dengan mengambi alih pengelolaan minyak dan gas bumi yang selama ini dikelola oleh asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com