Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyepi, Shalat Jumat di Bali Apa Solusinya?

Kompas.com - 22/03/2012, 12:42 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Hari Raya Nyepi yang bertepatan dengan hari Jumat sempat menimbulkan kekhawatiran bagi umat Muslim di Bali yang harus menunaikan ibadah shalat Jumat. Namun, umat Muslim di Bali dapat bernapas lega karena sesuai kesepakatan forum umat beragama di Bali, ibadah shalat Jumat tetap boleh dilaksanakan dengan catatan menyesuaikan situasi Nyepi.

"Boleh keluar rumah menuju masjid atau mushala terdekat di sekitar lingkungan atau desa," ujar Ida Bagus Gede Wiyana, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Bali (Ketua FKUB Bali), kepada Kompas.com, Kamis (22/3/2012). Namun, saat menuju masjid atau mushala tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor dan harus berjalan kaki.

Sementara itu, bagi yang tempat tinggalnya jauh dari masjid atau mushala bisa berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk mendirikan tempat shalat Jumat darurat di fasilitas umum lingkungan setempat atau rumah salah seorang warga. "Bagi yang jauh dari masjid bisa mencari fasilitas umum untuk digunakan sebagai lokasi shalat sementara," imbuh Wiyana.

FKUB juga menganjurkan kepada umat Muslim yang akan shalat Jumat di masjid untuk mengenakan pakaian Muslim yang biasa digunakan untuk shalat, seperti baju koko dan sarung. Hal ini supaya tidak menimbulkan kecurigaan bahwa ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan momen ini untuk keluar rumah tanpa maksud yang jelas. "Kalau ke masjid mengenakan pakaian untuk ke masjid supaya nanti pecalangnya juga tahu," urainya.

Kesepakatan bersama ini juga mengatur waktu yang diperbolehkan untuk keluar rumah. "Pukul 11.00 dipersilakan menuju masjid, dan pukul 14.00 harus kembali di rumah," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com