Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok : Busway Akan Melintas Setiap 3 Menit

Kompas.com - 24/03/2012, 12:59 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi dan Wakil Gubernur Basuki Tjahja Purnama alias Ahok akan fokus pada perbaikan transportasi massal untuk mengatasi masalah klise ibu kota yakni kemacetan.

Jika terpilih, Ahok berjanji akan membuat busway melintas di setiap shelter setiap tiga menit. Caranya, dengan menambah berkali-kali lipat jumlah bus dalam dua tahun. Dia mengkritik jumlah bus yang baru sekitar 500 unit meskipun program busway sudah berjalan 8 tahun.

"Harusnya bisa sampai 2.000 unit. Dengan begitu ngga ada lagi perempuan yang dilecehkan. Saya jamin ngga sampai dua tahun, ngga sampai 3 menit (melintas)," kata Ahok saat diskusi di Jakarta, Sabtu (24/3/2012).

Ahok mengatakan, para pengusaha bisa dilibatkan untuk mempercepat penambahan jumlah busway. Berdasarkan pengakuan para pengusaha, kata dia, biaya memasang iklan di billboard di Jakarta dalam satu tahun bisa melebihi harga satu busway.

"Kalau gitu, Anda sumbang saja busway satu dengan merek iklan Anda," kata mantan politisi Partai Golkar itu.

Selain memperbaiki busway, Jokowi-Ahok juga akan melanjutkan pembangunan mass rapid transit (MRT) yang mangkrak. Masalah keterbatasan dana yang selama ini dikeluhkan pemerintah provinsi, menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, dapat diatasi dengan pemotongan anggaran APBD untuk birokrasi.

"Sama dengan APBN kita, begitu harga BBM naik, semua anggaran Kementerian dipotong 10 persen. Dan itu bisa. Kalau DKI tahun depan kita potong 10 persen APBN, kita bisa bangun MRT yang dibilang Rp 14 trilun sendiri," pungkas Ahok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com