Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendardji: Gubernur DKI Itu RI-3

Kompas.com - 29/03/2012, 12:14 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hendardji Soepandji, bakal calon gubernur DKI Jakarta dari kalangan independen, mengatakan, perlu ada revolusi hijau di Ibu Kota.

Revolusi hijau diperlukan untuk membuat warga Jakarta merasa nyaman. Kenyamanan akan mendorong warga dan pemerintah menciptakan suasana yang tertib dan aman.

"Jika saya menjadi Gubernur DKI Jakarta, saya upayakan keberadaan ruang hijau minimal dua puluh persen," kata Hendardji saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Jami Al-Istiqomah, Jalan Padat Karya Nomor 35, RT 8 RW 1 Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (29/3/2012).

Hendardji memaparkan, revolusi hijau diwujudkan dengan membangun taman kota, hutan kota, trotoar, serta ruang publik untuk kegiatan keagamaan, keekonomian, dan kebudayaan warga. Selain itu, kemacetan harus diatasi, permukiman ditata, serta pengelolaan sampah dan kebersihan.

Namun, untuk mewujudkan itu semua, lanjut Hendardji, Gubernur DKI Jakarta harus kuat dalam konteks politik dan kebijakan. Gubernur DKI Jakarta selayaknya diberikan kekuasaan lebih karena mengelola ibu kota negara. "Ibaratnya RI tiga (setelah presiden dan wakil presiden)," katanya.

Hendardji juga mengatakan, pelbagai program pemerintah akan terwujud secara jitu apabila APBD disusun dan dipakai secara transparan. Dana dari APBD harus lebih banyak dipakai untuk kepentingan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com