Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Negara Sepi Pengunjuk Rasa

Kompas.com - 30/03/2012, 12:02 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kondisi depan Istana Negara hingga Jumat siang ini masih aman dan sepi dari pengunjuk rasa. Arus lalu lintas di depan Istana Negara juga masih terpantau ramai lancar dan tidak ada gangguan. Bahkan, aparat kepolisian yang biasanya berjaga di depan Istana Negara dengan bertameng perlengkapan antihuru-hara tidak terlihat sama sekali.

Kendati demikian, aparat tetap mengawasi kondisi Istana Negara dari dalam kawasan Monas. Padahal, Jumat (30/3/2012) ini, dikabarkan akan datang massa menyerbu Istana Negara terkait penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Namun, hingga saat ini Istana Negara masih aman terkendali dan tidak tampak kelompok pengunjuk rasa.

"Konsentrasi massa tampaknya akan seperti kemarin, terpusat di DPR/MPR," kata salah satu petugas kepolisian, Mulyono, di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Sementara itu, untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di depan Istana Negara, kepolisian menyiapkan rencana pengalihan lalu lintas jika terjadi aksi unjuk rasa besar-besaran. Pengalihan itu antara lain dari arah Harmoni (Jalan Hayam Wuruk) menuju Istana Negara akan dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto-Cideng-Tanah Abang atau ke Jalan Ir H Juanda-Jalan Veteran/Jalan Kathedral.

Kemudian, dari arah Thamrin menuju Istana Negara akan dialihkan ke Jalan KH Wahid Hasyim/Jalan Kebon Sirih-Jalan Cideng Barat-Jalan Suryo Pranoto atau ke Jalan Kebon Sirih/MMS-Jalan M Ridwan Rais-Jalan MMT-Jalan Perwira atau ke Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Tanah Abang Timur-Jalan Abdul Muis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com