Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Diponegoro Ditutup hingga Paripurna DPR Usai

Kompas.com - 30/03/2012, 20:11 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi dengan bakar ban, Jumat (30/3/2012) malam ini, masih dilakukan belasan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia. Aksi yang berlangsung sejak Jumat sore itu dilakukan di dekat Kampus UPI YAI, RSCM, dan Fakultas Kedokteran UI, tepatnya 100 meter sebelum pertigaan Jalan Salemba Raya.

Aksi tersebut dilakukan dengan menutup jalan menuju Salemba Raya menggunakan palang dan kursi panjang. Para demonstran kemudian duduk di tengah jalan tersebut. Pengunjuk rasa yang tengah berorasi menyatakan, aksi ini akan dilakukan hingga ada keputusan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) tidak dinaikkan.

"Kami akan menunggu keputusan DPR dan pemerintah bahwa harga BBM tidak akan naik. Ini tidak akan berakhir. Kami menuntut pemerintah memperhatikan nasib rakyat kecil. Sudah cukup rakyat menderita dalam pemerintahan SBY-Boediono," seru mereka.

Sementara itu, sejumlah pengendara yang tadinya hendak menuju ke arah Salemba lewat Jalan Diponegoro akhirnya mengurungkan niat. Mereka berbalik arah begitu tahu mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa. Kebanyakan pengguna jalan takut jika aksi ini berujung ricuh seperti terjadi di YAI dan UKI, Kamis (29/3/2012) malam kemarin.

"Balik arah saja, deh, takut daripada rusuh seperti kemarin," ujar seorang pengendara motor.

Sore tadi, aksi ini dimulai dengan membakar ban dan foto Presiden Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono. Saat ini sisa bakaran masih teronggok di tengah jalan, meninggalkan asap tipis yang mengepul mengiringi orasi para mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com