Ngobrol dengan PKL, Jokowi Janji Tak Ada Penggusuran

Kompas.com - 01/04/2012, 14:15 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta 2012 yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra yakni Joko Widodo hadir di tengah pedagang kaki lima di Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, MInggu (1/4/2012).

Joko Widodo mengatakan bahwa nantinya tidak akan ada penggusuran pedagang kaki lima melainkan penataan pedagang kaki lima yang akan dilakukannya. Ia juga akan mencari solusi untuk pedagang kaki lima ini sehingga tetap bisa mencari nafkah. "PKL tidak ada yang digusur-gusur. Tapi nanti akan ditata dan dicarikan solusi dan diberikan fasilitas," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, ketika berdialog bersama pedagang kaki lima di Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Jakarta, Minggu (1/4/2012).

Ia juga mengungkapkan bahwa solusi untuk pedagang kaki lima ini juga akan disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada. Gagasannya untuk menata pedagang kaki lima ini adalah dengan membuat kantong-kantong pedagang kaki lima atau membuat shelter. Bahkan ia mengatakan jika tata ruang di Jakarta masih memungkinkan maka dapat dibangun semacam mall untuk para pedagang kaki lima ini.

"Kalau minimarket dan hipermarket saja diberi ruang, maka pedagang kaki lima juga harus diberi ruang," tegas Jokowi yang disambut tepuk tangan para pedagang kaki lima.

Dalam kesempatan ini, para pedagang kaki lima ini diberi ruang untuk bertanya jawab langsung dengan Jokowi. Meski dijawab dengan singkat oleh Jokowi, para pedagang kaki lima bersorak sorai mendukung Jokowi yang dikenal dekat dengan masyarakat kecil ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.