Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertamax Tembus Rp 10.000

Kompas.com - 01/04/2012, 15:36 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Pertamina menetapkan harga terbaru untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax dan pertamax plus per 1 April 2012 ini. Kenaikan harga sebesar Rp 450 sampai Rp 650 per liter buat pertamax.

Untuk di Jakarta, harga pertamax dipatok sebesar Rp 10.200 per liternya. "Kalau pertamax plus Rp 10.350 per liternya," sebut Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero) Mochamad Harun kepada Kompas.com, Minggu (1/4/2012).

Menurut Harun, kenaikan harga BBM dengan oktan minimal 92 ini berlaku juga untuk di seluruh Indonesia. Namun, besaran harga pertamax maupun pertamax plus tidak sama di semua wilayah. "(Kenaikan harga) berlaku untuk semua (wilayah)," tambah dia.

Ia mengatakan, alasan kenaikan harga pertamax dan pertamax plus karena harga rata-rata produk di pasaran naik. Apalagi, kedua produk bukan BBM yang disubsidi. "Jadi mesti naik," pungkas Harun.

Untuk diketahui saja, di wilayah Jakarta, pertamax tadinya sebesar Rp 9.550 per liternya, sedangkan pertamax plus Rp 9.850. Dengan kenaikan ini maka selisih harga BBM subsidi, yakni premium dan solar, dengan non-subsidi seperti pertamax pun kian lebar. Kondisi yang demikian bisa membuat masyarakat yang tadinya mengonsumsi pertamax beralih ke premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com