Banjir Kiriman, Kampung Kebon Kemang Terendam 1,5 Meter

Kompas.com - 03/04/2012, 13:33 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Kampung Kebon, Kemang Selatan, kembali terendam banjir. Kali ini penyebabnya adalah banjir kiriman dari Bogor. "Naik sejak semalam karena banjir kiriman dari Bogor," kata Widodo (43), warga RW 02 RT 03, Bangka, Jakarta Selatan.

Air berasal dari luapan Kali Krukut. Ketinggian air saat ini di atas 1,5 meter. "Airnya mengalir, tidak menggenang," lanjut pria yang sudah menetap di Kampung Kebon sejak 1999.

Ia menyebutkan, lokasi tempat tinggalnya sebenarnya sudah menjadi tempat langganan banjir setiap kali hujan berlangsung dalam waktu cukup lama. Tahun 2002 permukiman mereka mengalami banjir yang cukup parah. Namun, menurut Widodo, banjir terparah terjadi pada 2 Februari 2007. Ketinggian air saat itu sampai menenggelamkan rumah warga. "Februari 2007 itu banjir sampai 18 atau 20 hari," lanjut Widodo.

Sebuah tambang disediakan untuk warga yang hendak beraktivitas. Sambil berpegang pada tali, mereka bisa keluar dari lokasi tersebut. Namun, sebagian kaum perempuan dan anak-anak memilih tetap di dalam rumah. "Arus airnya masih cukup kuat. Istri dan anak saya juga masih di dalam," terang Widodo.

Banjir di Kemang melanda RT 03 dan RT 10 serta Kompleks Arco. Menurut Lurah Bangka Dedi Suhada, sekitar 211 keluarga terkena dampak banjir. Saat ini bantuan sudah didatangkan dari PMI. Warga juga telah membuka dapur umum di dekat lokasi banjir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.