Banjir Pondok Labu Bukan karena Tanggul Jebol

Kompas.com - 03/04/2012, 13:56 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Jakarta. Salah satunya adalah Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, yang tergenang hingga 1,5 meter. Namun banjir yang terjadi ini juga diakibatkan jebolnya satu rumah warga yang temboknya berdampingan dengan dinding Kali Krukut.

Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, Tarjuki, menjelaskan bahwa banjir yang terjadi di kawasan Pondok Labu lantaran ada satu rumah warga yang menolak untuk ditanggul. "Bukan jebol tanggul Kali Krukut. Tapi ada satu rumah warga yang tidak mau ditanggul, saat debit air Kali Krukut makin besar, tembok rumahnya tidak kuat menahan, akhirnya jebol," kata Tarjuki, di Balaikota, Jakarta, Selasa (3/4/2012).

Tarjuki mengatakan bahwa seluruh pihak dari camat sampai ketua RT sudah membujuk warga itu agar mau ditanggul, sehingga pencegahan banjir di kawasan Kelurahan Pondok Labu dapat terlaksana.

"Saya tidak tahu alasannya warga itu tidak mau memberikan izin. Tapi saat ini ia dipanggil oleh komandan Marinir agar mengizinkan penguatan dinding rumahnya," tandas Tarjuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.